-->

Tanaman aquascape mudah di pelihara

          Banyak sekali jenis tanaman air yang di gunakan dalam membuat sebuah aquascape. Tingkat kesulitan perawatan antara satu tanaman dengan tanaman lainnya pun berbeda. Ada tanaman yang mudah dalam perawatannya ada pula yang cukup membutuhkan ketelatenan tinggi untuk perawatannya. Mungkin bagi para master di dunia peraquascapepan menanam berbagai jenis tanaman aquascape tidak masalah karena mereka sudah berpengalaman dalam bidangnya. Namun bagaimana dengan scaper-scaper pemula seperti saya?, maka dari itu saya membuat postingan ini. Sesuai judul di atas, di sini saya akan membahas mengenai tanaman yang mudah perawatan untuk aquascape.

Yak langsung saja, yang saya maksud mudah perawatan di atas adalah tanaman yang tidak terlalu membutuhkan nutrisi yang tinggi, atau sedang-sedang saja. Rata-rata tanaman yang akan saya bahas di bawah ini tidak membutuhkan dosing co2 (optional) atau bisa di bilang hanya memanfaatkan co2 yang ada di dalam tank untuk berfotosintesis, namun jika anda menambahkan supply co2 pun tidak masalah, malah akan lebih bagus. Selain itu rata-rata tanaman yang akan saya bahas di bawah juga hanya membutuhkan cahaya rendah-sedang.
Tidak usah berpanjang lebar langsung saja kita masuk ke pembahasan simak di bawah ini:

1. Moss

Tanaman aquascape mudah di pelihara

         Tanaman tak berakar sejenis lumut ini merupakan salah satu tanaman aquascape yang mudah di pelihara. Hanya dengan menggunakan pencahayaan yang pas-pasan (low light) dan tanpa dosing co2 moss dapat tumbuh dengan subur. Hanya saja bila moss di tempatkan di tank yang suhu airnya cukup tinggi terkadang pertumbuhannnya tidak sesubur moss yang di pelihara di tank yang mempunyai suhu yang cukup rendah.
Berdasar atas ilmu dari master-master aquascape dan pengalaman saya sendiri, moss idealnya tumbuh subur dan hijau pada suhu di 27 C ke bawah. Meskipun begitu moss masih dapat tumbuh dengan baik pada suhu di atas 27 C walaupun tidak sesubur pada suhu tersebut.
Semua jenis moss umumnya mudah di pelihara, walaupun menurut saya ada beberapa moss yang agak sulit di pelihara, seperti ricardia. Di antara banyak jenis moss, menurut saya java moss adalah salah satu moss yang paling tahan banting,mengapa saya bilang begitu?. Ya pastilah ada alasan tertentu yaitu karena saya sendiri memeliharanya, moss ini bahkan dapat tumbuh subur pada suhu diatas 27 C. Pertumbuhan moss tergolong cepat maka dari itu tanaman ini recomended banget menurut saya untuk para aquascaper pemula seperti saya. Untuk menanam moss anda tidak memerlukan substrat, karena moss tumbuh menempel di batang kayu ataupun batu. Untuk mendapatkan tanaman jenis moss ini kalian bisa datang ke toko aquascape terdekat. Harga moss pun sangat terjangkau untuk para aquascaper low budget seperti saya hehehe :D
Yak di bawah beberapa foto dari moss yang saya tanam:
  • Java Moss


  • Weeping Moss


 

2. Buchephalandra


          Tanaman ini merupakan tanaman aquascape endemik atau asli indonesia, tepatnya tumbuh di perairan tawar pulau Kalimantan.
Buchephalandra tidak membutuhkan substrat untuk tumbuh, karena tanaman ini tumbuh menempel di kayu atau batu yang tenggelam. Karene tanaman ini tidak membutuhkan substrat atau tumbuh menempel maka pemeberian nutrisi untuk tumbuhan ini pun bukan melalui pupuk dasar melainkan melalui pupuk cair.
Di bandingkan dengan moss, Buchephalandra sedikit lebih sulit untuk dipelihara. Meskipun begitu menurut saya masih tergolong mudah, asal telaten merawatnya dan juga tetap menjaga suhu air tidak terlalu tinggi.
Buchephalandra berkembang biak dengan membentuk tunas baru. Perkembangan tumbuhan ini pun tergolong lambat,lain dengan moss yang pertumbuhannya tergolong cepat.
Buchephalandra dapat tumbuh dengan cahaya low-medium dan tanpa supply co2 atau bisa di katakan bahwa tanaman ini berfotosintesis hanya dengan Co2 yg tersedia di dalam air aquascape kita. Buchephalandra sudah mulai di budidaya oleh para farm aquascape. Langkah ini jelas sangat di perlukan mengingat untuk menjaga alam tetap lestari. Walaupun ketersedian buchepalandra di alam bebas melimpah, namun jika terus menerus di exploitasi tanpa di budidayakan maka lama-kelamaan akan habis, dan itu berarti merusak kelestarian alam. Untuk mendapatkan tanaman ini anda kalian bisa pergi ke toko aquascape terdekat atau mencarinya langsung di alam jika anda berdomisili di daerah pulau Kalimantan. Namun jika ingin mencarinya di alam, hendaknya bersikaplah bijak, ambil seperlunya saja agar alam tetap lestari.
Untuk harga Buchephalandra sangat terjangkau,mungkin kerena ini tanaman asli indonesia,tapi entahlah yang penting saya dapat memeliharanya dengan murah hehehe :D

 

3. Anubias


            Tanaman aquascape yang mudah di pelihara selanjutnya adalah Anubias. Sama halnya dengan buchephalandra, anubias juga tumbuh dengan cara menempel di kayu atau batu, karena itu pemberian nutrisi pun sama dengan buchephalandra yaitu dengan pupuk cair. Lain dari buchephalandra anubias tumbuh sedikit lebih cepat.
Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada tank dengan suhu dingin dan cahaya low light walaupun tanpa supply co2.
Beberapa spesies dari anubias mempunyai daun berwarna putih. Harga anubias sendiri di bandrol sedikit lebih mahal di bandingkan dengan moss dan buchephalandra, apalagi untuk spesies white bisa di bandrol sangat mahal untuk per rhizomanya, namun untuk perawatan jika di bandingkan dengan buchephalandra anubias lebih mudah. Untuk mendapatkan tanaman anubias pun cukup mudah karena sudah menjamur di toko-toko aquascape di seluruh nusantara, baik toko aquascape skala besar maupun kecil.

Sekedar Tips

Untuk memelihara tanaman jenis apapun, usahakan agar suhu air aquascape anda cukup dingin, setidaknya berusahalah mendinginkannya walaupun hanya dengan kipas CPU komputer, namun jika anda punya budget lebih anda bisa membeli chiller,hal ini dapat memaksimalkan pertumbuhan tanaman kesayangan anda, namun jangan pula memaksakan kehendak, karena tips di atas sifatnya optional(tidak memaksa), semua kembali ke pribadi masing-masing. Semoga bermanfaat.
    Yak, berakhir sudah pembahasan tentang beberapa tanaman mudah perawatan untuk aquascaper pemula. Mungkin cukup sekian untuk artikel kali ini, mohon maaf atas kekurangan atas penulisan artikel diatas, jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar, terima kasih. Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

NONTON DRAMA KOREA SUBTITLE INDONESIA DENGAN APP GRATIS. KLIK GAMBAR DIBAWAH YA. Yuk Download sekarang...
parkir kuota news

Iklan Tengah Artikel 1

NONTON DRAMA KOREA SUBTITLE INDONESIA DENGAN APP GRATIS. KLIK GAMBAR DIBAWAH YA. Yuk Download sekarang...
parkir kuota news

Iklan Tengah Artikel 2

NONTON DRAMA KOREA SUBTITLE INDONESIA DENGAN APP GRATIS. KLIK GAMBAR DIBAWAH YA. Yuk Download sekarang...
parkir kuota news

Iklan Bawah Artikel

NONTON DRAMA KOREA SUBTITLE INDONESIA DENGAN APP GRATIS. KLIK GAMBAR DIBAWAH YA. Yuk Download sekarang...
parkir kuota news