-->

Natural style aquascape untuk pemula

Natural style aquascape untuk pemula
Natural style aquascape - Dalam dunia peraquascapean dikenal beberapa style atau gaya, singkatnya yang di maksud gaya/style di sini adalah cara mendekor aquascape itu sendiri atau tatanan aquascape tersebut. Beberapa style dalam aquascape antara lain Dutch stye(gaya belanda),Iwagumi(aquascape dengan tatanan hardscape hanya menggunakan batu), dan natural style yang akan kita bahas dalam postingan kali ini.
Sebelum masuk ke topik intinya ada baiknya kita ketahui dulu apa itu natural style dalam aquascape.
Natural style telah dikenelkan oleh legenda dunia aquascape yaitu Takashi Amano sejak tahun 1990,style ini menampilkan layout pemandangan linkungan air yang tumbuh secara alami, layout ini mempresentasikan suatu miniatur lingkungan tertentu.
Nature style atau natural style menurut saya memiliki kelebihan diantara gaya-gaya aquascape lainnya yaitu sebagai berikut:
  1.  Adalah style yang cocok untuk para pemula di dunia peraquscapan seperti saya sendiri hehe :D ,mengapa saya bilang begitu??,,yaaaa karena layout ini biasanya membutuhkan perawatan yang tidak sulit (low maintance) karena rata2 aquascaper yang membuat aquascpae dengan gaya ini menggunakan tanaman-tanaman yang mudah perawatan.
  2. Yak kelebiha selanjutnya adalah "low cost",jika anda bertanya-tanya mengapa low cost?,,coba simak dari kelebihan pertama diatas di katakan bahwa perawatan yang mudah dari situlah saya mengambil kesimpulan bahwa Nature style itu low cost, yaitu karena perawatan yang mudah kita tidak terlalu memerlukan pemberian nutrisi yang insentif sehingga mengurangi biaya pembelian dosing-dosing nutrisi.
Oke, di atas sudah di jelaskan beberapa kelebihan dalam style aquascape ini, apa hanya sampai di sini?,tentunya tidak, selanjutnya akan kita bahas tanaman-tanaman yang biasanya di gunakan untuk natural style aquascape.
  • Tanaman

Untuk gaya natural style sendiri biasanya menggunakan semua jenis tanaman aquascape, tanaman aquascape yang jarang di gunakan dalam style aquascape ini adalah tanaman-tanaman berwarna-warni(tanaman untuk dutch style). Alasannya cukup simple menurut saya sendiri mengapa dalam natural style jarang menggunakan tanaman warna-warni yaitu karena perawatan tanaman warna-warni cukup sulit, sedangkan natural style aquascape biasanya di kenal dengan kemudahan perawatannnya(low maintance). Untuk tanaman yang biasa di gunakan dalam penataan natural stye bisa lihat di Tanaman mudah untuk pemula
  •  Hardscape

Yak selanjutnya hardscape, untuk penggunaan hardscape dalam natural style aquascape bisa menggunakan batu maupun kayu. Kita bisa memadukan kedua hardscape tersebut ataupun menggunakan kayu saja.
  • Substrat

Berbeda dengan dutch style(gaya belanda) yang biasanya lebih di rekomendasikan untuk menggunakan substrat jenis soil, untuk gaya natural style aquascape sendiri tidak ada ketetntuan untuk menggunakan substrat jenis apa, semua jenis substrat bisa di gunakan baik itu berbentuk pasir ataupun soil pabrikan, loh emang perbedaannya di mana?. Untuk aquascape bergaya belanda, membutuhkan nutrisi yang cukup tinggi, sehingga lebih di rekomendasikan untuk menggunakan soil karena soil sudah jelas kandungan nutrisinya daripada pasir. Sedangkan natural style tidak membutuhkan nutrisi yang terlalu tinggi sehingga baik menggunakan soil ataupun pasir tidak terlalu masalah.
  • Nutrisi dan CO2

Nutrisi merupakan hal yang sangat penting baik untuk tanaman, hewan ataupun manusia. Seperti halnya di sini, tanaman juga membutuhkan nutrisi yang cukup. Untuk pemberian nutrisi dalam natural style tidak terlalu banyak saran saya cukup menggunakan pupuk dasar pada awal pembuatan dan menggunakan pupuk cair untuk dosing nutrisi setelah aquascape jadi, kecuali jika kita menggunakan tanaman karpet yang membutuhkan nutrisi tinggi, kita memerlukan dosing yang lebih intensif selain pupuk dasar dan pupuk cair tadi.
Untuk supply CO2 hal ini relative, jika anda menggunakan tanaman jenis karpet dan pencahayaan yang cukup tinggi biasanya memerlukan supply CO2. Lain halnya jika anda hanya menggunakan moss atau tanaman seperti anubias, tidak terlalu membutuhkan supply CO2, namun jika kita memberikan supply CO2 itu jg lebih bagus.

Sekedar Tips :

Jika anda masih baru dalam dunia aquascape, dan ingin membuat aquascape anda sendiri. sebaiknya pilihlah gaya yang anda inginkan dan gunakanlah Tanaman mudah perawatan untuk pemula terebih dahulu, intinya jangan terburu-buru tergiur keindahan tanaman warna-warni karena biasanya tanaman tersebut sulit perawatannya, namun semua itu kembali kepada diri anda masing-masing. Semoga Bermanfaat
Kesimpulannya jika anda ingin membuat aquascape pilihlah style yang anda inginkan dan sesuaikan dengan budget anda. Untuk menghemat budget utamakan bahan yang penting terlebih dahulu. Cukup sekian pembahasan untuk natural style aquascape, mohon maaf atas kekurangan dalam penulisan artikel di atas. Semoga Bermanfaat

Iklan Atas Artikel

NONTON DRAMA KOREA SUBTITLE INDONESIA DENGAN APP GRATIS. KLIK GAMBAR DIBAWAH YA. Yuk Download sekarang...
parkir kuota news

Iklan Tengah Artikel 1

NONTON DRAMA KOREA SUBTITLE INDONESIA DENGAN APP GRATIS. KLIK GAMBAR DIBAWAH YA. Yuk Download sekarang...
parkir kuota news

Iklan Tengah Artikel 2

NONTON DRAMA KOREA SUBTITLE INDONESIA DENGAN APP GRATIS. KLIK GAMBAR DIBAWAH YA. Yuk Download sekarang...
parkir kuota news

Iklan Bawah Artikel

NONTON DRAMA KOREA SUBTITLE INDONESIA DENGAN APP GRATIS. KLIK GAMBAR DIBAWAH YA. Yuk Download sekarang...
parkir kuota news